Blog - Inti Data Utama

Profesional SAP Implementation Service

Responsive Ads Here

Nov 27, 2020

Sejarah SAP Business One



SAP Business One, yang dimulai sebagai ide kecil, kini telah berusia lebih dari 20 tahun, dan dengan hampir 1 juta pengguna di lebih dari 160 negara, merupakan produk terkemuka di pasar Bisnis Kecil Menengah global. 

Ini adalah kisah sukses kewirausahaan yang menunjukkan bahwa dengan kombinasi visi, tekad, semangat, dan kepercayaan diri seseorang dapat mengatasi tantangan yang sangat besar.


Bab 1 - Dari Ide ke Produk 

Pada awal 90-an Shai Agassi dan ayahnya, Reuven Agassi, memulai The QuickSoft Company. Salah satu perkembangan terpenting dari grup ini adalah Awarded Object Oriented Navigation System yang kemudian menjadi dasar dari fungsionalitas Drag & Relate dari SAP Business One. 

Saat itu, tim sibuk mengembangkan aplikasi untuk manajemen dan administrasi sekolah di AS, serta manajemen katalog untuk perusahaan alat pemotong global. Pada saat itu, software keuangan yang tersedia untuk usaha kecil dan menengah didominasi oleh sistem operasi DOS. Namun demikian, pemain terbesar dari sistem keuangan dan distributor komputer Apple di Israel bergabung untuk mengembangkan sistem perangkat lunak keuangan untuk Macintosh (Apple berganti nama menjadi "Mac" pada tahun 1998). Meski berniat baik, mereka gagal.

Reuven Agassi: "kami ingin menerapkan teknologi inovatif di dunia bisnis untuk menciptakan solusi perangkat lunak andal yang lebih baik daripada yang tersedia di pasar".


Pada tahun 1994 keluarga Agassi dan QuickSoft membuat kesepakatan untuk bekerja dengan penyalur Macintosh Israel untuk mencoba lagi. Menurut Reuven Agassi, sang pendiri, "kami ingin menerapkan teknologi inovatif dalam dunia bisnis untuk menciptakan solusi perangkat lunak andal yang lebih baik daripada yang tersedia di pasar". Setelah berada di tahap lanjutan, Reuven bertanya kepada Shai dan co-manager Udi Ziv berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerjemahkan aplikasi dari Mac ke OS Windows. Mereka memperkirakan 2-3 minggu, tapi butuh waktu lebih lama. Untuk memastikan pembangunan akan tepat waktu; para karyawan bekerja sangat keras dan berkali-kali menyelesaikan pekerjaannya setelah tengah malam.




Versi pertama dicadangkan pada kaset 88 MB, sedangkan saat ini ukuran aplikasi ~ 10 GB

 Salah satu tantangannya adalah Windows 3.1 tidak mendukung bahasa Ibrani dan para pengembang harus memanipulasi kode untuk menulis dari kanan ke kiri. Hal ini dilakukan dalam segala bentuk dan menu dan menyebabkan keterlambatan pada tim pengembang yang terdiri dari satu pengembang dan dua karyawan lainnya yang memberikan latar belakang akuntansi, karena versi pertama hanya berfokus pada akuntansi. 

 Untuk konteksnya, ada baiknya memahami pasar pada saat itu. Posisi pasar Apple, dengan perangkat keras komputasi grafisnya yang didasarkan pada margin keuntungan yang tinggi, menurun di awal 90-an, 

 sementara Microsoft meningkatkan sistem Windows 3.0 berbasis DOS, mulai mencari pasar baru sambil menargetkan pengguna bisnis. Untuk manajemen QuickSoft bertaruh juga pada pendekatan pasar berorientasi bisnis dari Microsoft Windows adalah arah yang benar.

 Infrastruktur dasar produk berasal dari perangkat lunak manajemen sekolah MAC dan termasuk formulir dan elemen Database yang disebut Atom. Seperti yang Anda lihat di snapshot menu utama versi Windows Menahel, ada banyak elemen Mac GUI.


Antarmuka pengguna khas "Menahel" 1996-2002 

 Produk awal disebut OCEK (Praktisi dalam bahasa Inggris) dan inilah alasan mengapa sebagian besar file Database di SAP Business One dimulai dengan O (OINV, OCRD, dll.). Mulai tahun 1995 nama produk baru menjadi MENAHEL - (Manajer dalam bahasa Inggris) Nama dalam bahasa Ibrani juga merupakan singkatan dari "Informasi manajemen dan akuntansi untuk bisnis", Rilis paling awal dari MENAHEL tersedia untuk sistem operasi Macintosh dan Windows, dan selama beberapa tahun ada pengembangan paralel pada kedua sistem (yaitu setiap rilis baru memiliki dua versi).



Jauh sebelum kunci lisensi saat ini, kami menggunakan steker keamanan untuk melindungi produk. 

 Dalam angsuran berikutnya, saya akan fokus pada hari-hari pertama yang menantang dan upaya untuk menembus pasar perangkat lunak akuntansi berbasis DOS yang konservatif dan matang dengan produk inovatif muda berdasarkan sistem operasi Windows baru dan lingkungan kerja. Untuk memastikan kegiatan ini terfokus pada pasar baru dan berjalan dengan baik, keluarga Agassi mendirikan perusahaan baru bernama Menahel. 

 Jika Anda bertanya pada diri sendiri, mengapa nama pengguna default untuk mengakses SAP Business One adalah "manajer" maka alasannya adalah karena aslinya dalam versi Ibrani akses tersebut menggunakan "Menahel" (Manajer dalam bahasa Inggris) sebagai nama pengguna dan sandi.

No comments:

Post a Comment

"Thank You For Visiting Us" SAP B1 IS THE BEST ERP FOR SME.