Blog - Inti Data Utama

Profesional SAP Implementation Service

Responsive Ads Here

Jan 23, 2020

ERP Untuk Ritel

ERP Untuk Retail

5 hal penting ritel yang Anda butuhkan di erp Anda

Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) pertama kali digunakan secara luas di industri manufaktur. Namun, peluang manajemen bisnis yang ditawarkan oleh sistem ERP dengan cepat menyebar ke industri lain, dan ritel adalah salah satunya. Situs belanja internet telah secara signifikan mengubah cara operasi ritel. Anda membutuhkan teknologi untuk mengikuti perubahan industri. Namun, Anda harus berhati-hati dalam proses seleksi untuk mencapai fleksibilitas dan kelincahan yang datang dengan sistem ERP yang efektif.


Sistem ERP ritel harus membantu Anda mengelola bisnis ritel Anda end-to-end, berdasarkan kebutuhan spesifik Anda. Sebagian besar perangkat lunak ERP untuk ritel terdiri dari inti pusat yang menyediakan tulang punggung untuk sistem, dan yang berinteraksi dengan berbagai modul yang dirancang untuk tujuan tertentu. Ada lima modul dasar yang harus Anda pertimbangkan dalam proses seleksi Anda.

Baca juga: ERP untuk Perdagangan dan distribusi

 1. Akuntansi 

Operasi kantor pusat harus menjadi bagian dari ERP Anda. Modul akuntansi mendukung pembukuan dan penyimpanan catatan keuangan yang berhubungan dengan fungsi bisnis Anda yang lain termasuk penjualan, pembelian, manajemen inventaris, pergudangan dan tempat penjualan.

Keuntungan: Anda tidak akan membuat silo informasi yang terpisah, dan Anda akan memiliki pandangan organisasi yang luas tentang operasi Anda. Anda akan dapat mengakses laporan secara real-time, yang akan memberi Anda kelincahan tingkat lanjut dalam pengambilan keputusan bisnis Anda. 

 2. Titik Penjualan 

Sistem Point of Sale (POS) harus lebih dari sekadar mesin kasir. Konsumen saat ini menuntut tingkat layanan pelanggan yang lebih tinggi di dalam toko. Pelanggan tidak ingin bertanya-tanya apakah Anda memiliki stok barang. Selain itu, mereka tidak ingin mengantri untuk melakukan pembelian. POS yang merupakan bagian integral dari ERP Anda akan memungkinkan Anda memberi lebih banyak informasi kepada personel toko, termasuk tingkat inventaris dan detail produk. Anda dapat meningkatkan tingkat layanan pelanggan Anda dengan memberikan staf Anda akses langsung ke informasi pelanggan, dan bahkan kemampuan untuk memproses pembelian. Keuntungan: Sistem POS terintegrasi memungkinkan Anda mempersonalisasikan interaksi Anda dengan pelanggan ketika Anda tahu nama dan riwayat belanja mereka, misalnya. Selain itu, Anda dapat dengan cepat menjawab pertanyaan mereka yang paling mendesak dan membantu mereka menghindari saluran dengan fungsi POS yang beroperasi pada perangkat seluler yang digunakan oleh personel dalam toko.

3. Manajemen Gudang Mengelola gudang bukan lagi tugas yang terisolasi. Untuk mendukung layanan pelanggan dan keputusan manajemen, modul terintegrasi dapat melakukan keajaiban. Keuntungan: Dengan satu pemindaian barcode, Anda dapat memperbarui level inventaris, saluran penjualan, dan laporan keuangan. Hal yang sama berlaku apakah Anda menerima persediaan, mengirimnya, atau melakukan penghitungan persediaan. 

 4. CRM

Pelanggan (CRM) Ketika CRM Anda dapat diakses di seluruh organisasi dan dalam sistem POS di tingkat toko, kemampuan Anda untuk memberikan skyrockets layanan pelanggan yang luar biasa, bersama dengan kemampuan perencanaan bisnis Anda. Keuntungan: Personil toko Anda dapat menjual berdasarkan riwayat pembelian pelanggan, atau memuluskan hubungan yang tegang berdasarkan pengetahuan tentang masalah sebelumnya yang harus ditangani oleh pelanggan. Perusahaan yang menggunakan data dan analitik pelanggan dengan cara yang efektif menunjukkan peningkatan produktivitas dan profitabilitas. Menurut peneliti, perusahaan yang menempatkan data di pusat upaya pemasaran meningkatkan ROI mereka sebesar 15 hingga 20 persen. Dari perspektif pemasaran dan manajemen, Anda dapat menggunakan analitik untuk mempelajari kebiasaan membeli secara keseluruhan dan berbagai informasi lainnya yang akan menginformasikan strategi pemasaran dan keputusan bisnis.

 5. Portal E-ccomerce 

Adalah fakta kehidupan bahwa hampir setiap pengecer batu bata dan mortir membutuhkan pendekatan omnichannel untuk bisnisnya. Sangat penting untuk membuat kehadiran e-niaga online. Beberapa di industri ritel berusaha untuk memerangi bisnis yang hanya ecommerce seperti Amazon, sementara yang lain memuaskan harapan pelanggan dengan membuatnya mudah bagi pelanggan mereka untuk melakukan pembelian kapan saja, di mana saja. 

Keuntungan: Ketika Anda menggabungkan e-commerce dengan ERP Anda, Anda mulai membuat pendekatan omnichannel untuk pemasaran dan manajemen bisnis. Sistem ERP Anda dapat melacak transaksi e-niaga semudah yang ada di toko, dan memperbarui inventaris dan modul CRM secara bersamaan. Departemen pemasaran Anda dapat mempertimbangkan pola pembelian dengan toko, e-commerce, atau kombinasi.

Baca juga: SAP Business One Integrasi dan kustomisasi

Pikiran terakhir 

Sebuah diskusi tentang berbagai modul sistem ERP ritel dapat cenderung memberi penekanan pada kemampuan individu. Namun, kekuatan sebenarnya dari sistem ERP ritel adalah interaksi keseluruhan dari semua modul, ketika Anda dapat: 
  •  Sederhanakan manajemen keuangan dengan meninjau data akuntansi, penjualan, dan    pembelian di seluruh organisasi 
  •  Memenuhi harapan pelanggan dan meningkatkan loyalitas 
  •  Kelola inventaris di seluruh gudang dan saluran 
  •  Optimalkan proses pembelian 
  •  Anda Berdayakan manajemen dan karyawan untuk menjawab pertanyaan secara real-time yang akan menghasilkan keputusan bisnis yang lebih baik. 

Banyak ahli sepakat bahwa kunci kesuksesan ritel di masa depan adalah menempatkan pelanggan di pusat bisnis. Satu hal yang menghambat peritel untuk mencapai kesuksesan itu adalah silo informasi yang ada dalam infrastruktur ritel tradisional. Waktunya telah tiba bagi pengecer untuk melangkah ke tantangan. 

 Dengan perangkat lunak ERP ritel fleksibel yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ada peluang untuk memenuhi tantangan. Jika Anda siap memposisikan organisasi Anda untuk sukses di masa depan, Anda bisa mendapatkan evaluasi ahli tentang apa yang dapat dilakukan sistem ERP ritel untuk bisnis Anda. Hubungi kami hari ini untuk informasi lebih lanjut.

1 comment:

  1. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)

    ReplyDelete

"Thank You For Visiting Us" SAP B1 IS THE BEST ERP FOR SME.